The 6th Hindu For Generations

merupakan acara tahunan dari KMHD UI dan adalah acara terbesar yang mengundang pihak-pihak eksternal, khususnya masyarakat Hindu. Cakupan kegiatan ini berkembang lebih luas dari tahun ke tahunnya. Sebagai acara yang sudah dipandang oleh perkumpulan mahasiswa-mahasiswi Hindu lainnya, HFG berusaha untuk selalu memberikan peningkatan yang berarti. Menapaki tahun ke-6, HFG menawarkan sub-kegiatan baru yang nantinya mampu memberikan nilai tambah bagi sekitarnya.

TEMA KEGIATAN

Harmony of Youth Spirit through Tri Hita Karana” merupakan tema yang diangkat oleh “The 6th Hindu For Generations” dalam penyelenggaraannya. Menyadari bahwa masa muda merupakan masa-masa penuh semangat yang menggelora, HFG berusaha menyalurkan nilai positif tersebut ke dalam rangkaian acara yang menggugah minat pemuda-pemudi Hindu untuk memajukan Hindu ke depannya. Harmonisasi semangat masa muda diekspresikan melalui media yang tepat, sehingga akan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Tri Hita Karana merupakan salah satu fondasi dasar dan nilai Hindu yang bersifat universal dan menyebarkan benih-benih positif ke sekitarnya. Tri berarti tiga, Hita berarti sejahtera, dan Karana berarti penyebab, dengan demikian Tri Hita Karana dapat diartikan sebagai tiga penyebab kesejahteraan. Unsur-unsurnya adalah Parahyangan, Pawongan dan Palemahan. Parahyangan adalah hubungan manusia dengan Tuhan, Pawongan adalah hubungan antar sesama manusia, dan Palemahan adalah hubungan manusia dengan lingkungan sekitarnya. Ketiga konsep inilah yang mendasari HFG untuk mengharmonisasikannya dengan semangat pemuda-pemudi Hindu sebagai tonggak masa depan Hindu. Melalui Tri Hita Karana, diharapkan semangat masa muda dapat disalurkan secara positif serta memberikan nilai-nilai dan manfaat bagi sekitarnya.

DESKRIPSI SINGKAT KEGIATAN
           
1.                  Futsal Championship
Merupakan acara olahraga yang melibatkan perkumpulan mahasiswa Hindu universitas-universitas se-Jawa. Kompetisi futsal yang selalu dinantikan pemuda-pemudi Hindu yang bergabung sebagai sebuah kesatuan di perguruan tingginya masing-masing. Kegiatannya berlangsung pada:
hari, tanggal                : Sabtu - Minggu, 12 – 13 November 2011
waktu                          : 09.00 s.d selesai
tempat                         : Pertamina Hall FEUI
target peserta               : 15 tim perwakilan universitas se-Jawa
tema kegiatan              : “Ignite the Spirit of Sportivity

2.                  HFG Go Competition dan Talkshow
Merupakan sebuah kompetisi tentang pengetahuan dan wawasan mengenai Hindu yang sudah dikenal luas oleh pasraman-pasraman Hindu, sebagai target partisipannya. Lomba cerdas cermat ini selalu mendapat antusiasme dari peserta yang merupakan siswa-siswi SMA se-derajat yang beragama Hindu. Dan, diselingi sebuah talkshow interaktif yang membahas mengenai isu-isu Hindu terkini yang dibawakan dengan santai namun tetap bermakna, dan menghadirkan pembicara-pembicara yang telah pakar di bidangnya. Kegiatannya berlangsung pada:
hari, tanggal                : Minggu, 27 November 2011
waktu                          : 09.00 s.d selesai
tempat                         : Pusat Studi Jepang FIB UI
target peserta               : 25 tim pasraman Hindu se-Jabodetabek
tema kegiatan              : “New Age of Educated Hinduism





3.                  Social in Action
Merupakan rangkaian kegiatan yang berfokus pada aksi sosial untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar KMHD UI, khususnya masyarakat Hindu. Konsep kegiatan lebih merujuk pada gerakan cinta lingkungan, sebagai perwujudan konsep Palemahan dari Tri Hita Karana. Rencananya akan mengadakan penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan. Kegiatannya berlangsung pada:
hari, tanggal                : Minggu, 4 Desember 2011
waktu                          : 09.00 s.d selesai
tempat                         : Pura Cilincing, Jakarta Utara*
target peserta               : 150 partisipan
tema kegiatan              : “Evoke the Sense of Awareness

4.                  HFG-Fest and Closing Ceremony
Merupakan acara puncak dari keseluruhan rangkaian HFG tahun 2011, yang mana mengadakan festival seni yang menampilkan budaya-budaya Hindu, baik tradisional maupun modern, serta seminar agama. Dalam acara ini, semangat masa muda untuk terus berkreasi dituangkan ke dalam wadah yang menunjukkan eksistensi Hindu. Kegiatannya berlangsung pada:
hari, tanggal                : Sabtu, 17 Desember 2011
waktu                          : 09.00 s.d selesai
tempat                         : Auditorium Gedung IX FIB UI
target peserta               : 300 partisipan
tema kegiatan              : “Expressing the Inspirations

0 komentar anda:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar atau menyampaikan informasi atau sekedar mengekpresikan diri. minimal 10 kata, maaf di bawah 10 kata kami tidak terbitkan. thanks